HP Cepat Panas ? Cek Disini Penyebanya

Indonesia Android – Disaat sedang menggunakan smartphone tiba-tiba tersasa panas, tentu membuat kita menjadi tidak nyaman. Hp cepat panas dapat memperpendek usia hp, karena saat suhu meningkat maka komponen-komponen di dalam hp akan menjadi panas. Berikut ada beberapa penyebab pasti yang membuat hp cepat panas dan cara mengatasinya.

1. Main Game

Hp Cepat Panas

Jika anda seorang yang hobi akan game, tentunya pasti anda akan menggunakan hp anda untuk bermain game kesukaan anda. Namun jika anda terus-terusan bermain game, maka kinerja GPU dan CPU hp kamu akan bekerja terus menerus hingga mengeluarkan hawa yang panas. Panas yang dikerluarkan oleh komponen CPU dan GPU akan merambat ke komponen lain seperti baterai, layar, dan beberapa komponen lainya. Panas yang dikerluarkan oleh kinerja GPU dan CPU lama kelamaan akan merambat keseluruh bagian hp kamu, sehingga saat menggengam hp akan terasa panas.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas Saat Main Game

Cara untuk mengatasinya yaitu dengan mengurangi jangka waktu bermain game di hp anda. Waktu yang ideal utuk bermain game yaiu 1-2 jam saja, setelah itu istirahatkan hp anda. Hal tersebut dapat membuat CPU dan GPU anda berhenti bekerja berat dan tidak akan mengeluarkan hawa yang panas.

2. Live Streaming

Hp Cepat Panas

Tidak hanya bermain game, melakukan live streaming juga dapat membuat hp anda cepat panas apalagi jika anda melakukan live streaming dengan menggunakan jaringan data seluler. Saat melakukan live streaming komponen yang bekerja berat yaitu kamera, jika anda menggunakan konkesi jaringan data seluler untuk live streaming maka hp akan lebih cepat panas lagi.

Cara Mengatasi

Live streaming alangkah baiknya menggunakan koneksi jaringan wifi, hal tersebut dapat membuat komponen jaringan data seluler di hp kita menjadi tidak bekerja. Jadi komponen yang bekerja berat hanya kamera saja, Live streaming yang ideal cukup 1-3 jam saja setelah itu istirahatkan hp.

3. Ram Penuh

Sebelum menutup aplikasi pastikan dulu bahwa aplikasi tersebut benar-benar telah ditutup. Karena ada beberapa aplikasi yang disaat kita menekan tombol home, aplikasi tersebut masi berjalan. Hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja hp sehingga hp akan menjadi lambat dan panas. Contohnya, saat menutup aplikasi live streaming, aplikasi tersebut masih terbuka dan menjalankan kamera kita. Sehingga disaat kita membuka aplikasi lain akan terasa lambat karena masih ada aplikasi berat lain yang terbuka.

Cara Mengatatasi

Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk mengelola ram anda. Contohnya seperti Clean Master dan Du Battery Saver.

4. Suhu Lingkungan

Faktor suhu lingkungan juga dapat mempengaruhi kondisi suhu hp kita. Contohnya, disaat sedang mengendarai motor di siang bolong atau disaat kita sedang berada diruang ber-AC yang sangat dingin. Suhu lingkungan sangat berpengaruh di satu komponen yaitu baterai. Saat baterai terkena sinar matahari langsung di siang bolong, maka baterai akan cepat menjadi panas. Hawa panas yang dihasilkan oleh baterai sangat cepat merambat ke komponen hp lainya. Perambatan hawa panas baterai terbilang cukup cepat, hal tersebut dikarenakan baterai merupakan komponen yang besar. Berbeda dengan komponen lainya, baterai adalah komponen yang sensitif dan cepat rusak.

Cara Mengatasinya

Saat sedang menggunakan hp yang terkena dengan sinar matahari langsung, cobalah untuk berteduh. Sinar matahari langsung juga dapat mempengaruhi fungsi layar hp anda, beberapa hal yang harus dilakukan yaitu dengan mematikan jaringan data seluler.

Kesimpulan

Untuk menghindari hp cepat panas yaitu optimalkan penggunaan hp anda. Istirahatkan hp anda secara teratur dan bertahap agar dapat memperpanjang usia hp milik anda. Pahami kegunaan barang elektronik seperti hp agar anda tahu hal apa saja yang perlu dilakukan untuk merawatnya. Hindari penggunaan aplikasi berat berlebihan dan hapus aplikasi jika sudah 90 hari tidak digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *